Oleh: ar1faz1z | 14/03/2011

Laporan akhir praktik lapangan kerja .


LAPORAN

PRAKTIK KERJA LAPANGAN ( PKL )

PT.OMNI TELEVISION

( OWN CHANNEL )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NAMA : ARIF AZIZ

KELAS : 2 TAV 3

SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA 2009


 

 

 

 

 

 

Cara Pengaturan Camera

1. Pasang Battrey Kamera.

2. Power on.

3. White Ballance & Black Balance

Dengan Cara : -Lakukan zoom in pada camera ke kertas putih sebagai objek

– Setelah itu teken tombol white balance.

Ket: fungsi dari White Balance, agar warna yang tampil seperti aslinya.

4. Atur Seperti yang kita inginkan .

5. Masukkan kaset mini DV.

6. Lakukan color bar

Ket: fungsi dari color bar sebagai penanda bahwa kaset tersebut telah    dipakai.

7. Rekam selama 30 Detik .

8. Record dengan menekan objek yang akan di shooting .

9. Letakan camera di tripodcamera :

Ket: fungsi dari penggunaan tripodcamera agar hasil gambar tidak      goyang .

10. atur juga waterpass pada tripod tersebut.

 

 

 

Camera storage

Camera storage adalah tempat untuk penyimpanan alat” shooting untuk keluar atau pun di dalam studio , didalam camera storage ada petugas camera storage yang menjaganya .

 

 

Tugas seorang camera storage

1. Menjaga alat”/perlengkapan shooting

2. Membersikan camera untuk shoting dengan kuas / tisu untuk membersikan lensa camera atau lcd kamera .

3. Menyaiapkan alat” untuk shooting ke luar, yang telah ada dalam form order.

4. Menjaga kebersihan di dalam ruangan camera storage .

5. Menjaga seluruh alat-alat yang ada di dalam ruangan camera storage .

6. Memperbaiki kerusakan apabila terdapat kerusakan peralatan shooting.

 

 

Kegiatan Shooting di dalam Studio.

Biasanya pada shooting yg terdapat pada studio dilakukan oleh production crew. Tugas production crew adalah menyiapkan keperluan shooting di dalam studio. Misalnya adalah :

  • Set Lighting studio
  • Pemasangan kamera studio
  • Menyiapkan Clip On untuk host atau tamu pada studio.
  • Menyiapkan Multimedia untuk keperluan shooting dalam studio tersebut.

Production Crew bekerja dalam sebuah ruangan yang bernama Control Room. Semua kegiatan shooting yang terdapat di dalam studio, diatur oleh para production crew. Mereka memegang tugas mereka masing-masing, yaitu :

  • Switcherman bertugas mengatur videomixer.
  • Multimedia Operator bertugas menjalankan multimedia.
  • AudioMan bertugas mengatur dan menyiapkan semua kepentingan Audio untuk shooting dalam maupun diluar studio.

 

 

 

Cara pengaturan audio Mic

1. Masukan kabel audio ke input camera .

2. Lalu cek suara dengan monitor/head phone .

Jika bar itu sampai merah pada lcd camera dalam pengecekan, berarti suara itu pecah, maka turunkan volume / sesuaikan dengan kebutuhan .

 

Perbedaan audio mic cabel audio  dengan clip on atau mic wirelles :

Mic cabel audio biasa dipergunakan pada wawancara langsung di saat shooting yang bersifat statis (diam). Sedangkan Mic wireless biasa dipergunakan pada wawancara langsung di saat shooting yang bersifat dinamis (berpindah-pindah) dimana penggunaan mic ini akan memudahkan pergerakan si pengguna. Yang harus diperhatikan dalam penggunaan mic wireless ialah, ketika menyesuaikan frekwensi transmitter dengan recever. Biasanya untuk frekwensi diatas 500 ribu biasanya untuk jarak pendek, apabila frekwensi dibawah 500 ribu biasanya untuk jarak jauh.

 

 

Lighting

Yang dimaksud lighting adalah salah satu pencahayaan yang menentukan baik dan buruknya suatu proses pengambilan gamabar. Beberapa contoh lighting dengan penjelasan nya dibawah ini :

  • Lowel :Lampu ini biasa digunakan liputan karena tidak terlalu besar namun cahaya cukup untuk menerangi objek yang akan diambil
  • Red head :sama seperti lowel perbedann nya yaitu terdapat pada bagian wana body nya yang berwarna merah ,daya listriknya juga lebih besar .
  • Ultraslight : lampu ini biasa digunakan untuk liputan karena lampu ini berukuran kecil yang biasanya menggunakan aqi atau anton bauer sebagai powernya .

 

 

 

STUDIO CONTROL

Studio control adalah tempat di mana pengaturan sebuah prose shooting berlangsung .alat-alat yang ada di dalam studio control antara lain :

  • Audio mixer berfungsi untuk mengatur besar kecil nya suara yang di hasilkan agar tidak telalu rendah atau terlalu besar .
  • Monitor berfungsi sebagai melihat beberapa kamera dalam satu layar agar dapat di samakan tingkat pencahayaan dan mempermudah seorang PD mengatur jalan nya proses shooting .
  • Switcher berfungsi untuk melihat gambar dari kamera dalam shooting live maupun tapping.
  • CG berfungsi menampilkan template yang memberi informasi pada penonton tentang topic yang dibicarakan dll.
  • VTR fungsinya untuk merecord gambar apabila shooting yang dilakukan taping .


 




 



Ucapan terima kasih

Allamdulillah hirobbil alamin maha suci allah yang memeberiakan rrahmad dan karunianya kepada hamba-hambanya. Dan berkat karunianya saya bisa PSG atau magang di prusahaan Own chanel. Terimakasih saya untuk ibu andriane yang telah memperbolehkan saya PSG / Magang di prusahaan ini,om ichan selaku kepala bagian produksi, mas wahyu hidayat yang telah memberikan saya kesempatan utuk yang pertama kalinya saya magang di perusahaan ini.

  • HRGA

Ibu Andriane

Ibu Cici

Beserta staf yang saya tidak dapat saya sebutkan satu persatu dengan               tanpa mengurangi rasa hormat saya.

  • Produksi

Mas wahyu hidayat

Mas andre

Beserta staf yang saya tidak dapat saya sebutkan satu persatu dengan                tanpa mengurangi rasa hormat saya.

  • Teknik

Mas anton

Mas hendi

Bang victor

Beserta staf yang saya tidak dapat saya sebutkan satu persatu dengan                 tanpa mengurangi rasa hormat saya.

  • Kameraman

Mas badar

Mas diko

Mas raden

Beserta staf yang saya tidak dapat saya sebutkan satu persatu dengan tanpa mengurangi rasa hormat saya.

  • Oap

Om yanto

Om yudha

Phichan

Beserta staf yang saya tidak dapat saya sebutkan satu persatu dengan tanpa mengurangi rasa hormat saya.

Penutup

Dengan seiring berjalannya detik demi detik, waktu demi waktu tanpa terasa sudah tiga bulan saya melaksnakan PSG/MAGANG ditempat yang sangat nyaman ini. Berat hati rasanya saya meninggalkan tempat kerja yang seperti ini yang suasananya mungkin lain dari yang lain. Akan tetapi saya juga tidak boleh melupakan kewajiban saya sebagai siswa di sekolah. Begitu banyak kesan-kesan yang melekat dihati saya suka maupun duka.menurut saya diprusahan ini Bos, Intruktur, Senior bahkan banyak beda divisi tanpa segan mau membagi-bagikan ilmunya. Banyak ilmu yang saya dapat dari sini, dulu saya hanya melihat di dalam televise saja .

Sekian kata penutup dari saya mohon maaf apabila ada kata dan perbuatan yang saya tidak sopan dulu, lebih dan kurangnya saya minta maaf.

wassalam mualaikum wr.wb.

 






Tinggalkan Balasan

Kategori

